Kunker Bupati di Tanah Pinem, Pelayanan Dukcapil Diapresiasi

05 Apr 2024     121

Kuta Buluh-Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu kembali turun menyapa seluruh warga Kecamatan Tanah Pinem melalui kegiatan Kunjungan Kerja (Kunker) yang dipusatkan di Kantor Camat Tanah Pinem, Selasa (02/04).

Dalam lawatan Bupati Dairi terlihat beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat Dairi (OPD) Pemkab Dairi ikut mendampingi, Kadis Dukcapil Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si, Dinas PMD Tonny Simon Malau, S.Kom, MAP, Kadis Sosial Agel Siregat, Kadis Kesehatan Dr. dr. Henry Manik. Hadir juga Ketua TP PKK Dairi Ny. Romy Simarmata Eddy Berutu, Camat Tanah Pinem Jonathan Ginting, Seluruh Kepala Desa dan perangkat Desa se-Tanah Pinem, Kepala Sekolah SD dan SMP Se-Dairi dan warga Tanah Pinem.

"Kunjungan kerja saya di Tanah Pinem untuk bertemu langsung dengan seluruh warga tanah pinem, menyampaikan berbagai kegiatan dan keberhasilan yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten terhadap warga. Selain itu, berbagai pelayanan langsung juga diberikan seperti pelayanan kesehatan, pelayanan dokumen kependudukan, pasar murah, dan penyerahan bantuan sosial,"kata Bupati Dairi.

Ia juga menyampaikan salah satu keberhasilan Pemerintah yang benar-benar dirasakan masyarakat adalah pelayanan pengurusan dokumen kependudukan yang semakin dekat, cepat dan mudah.

"Warga tanah pinem tidak perlu lagi ke Sidikalang untuk mengurus dokumen adminduk. Warga cukup mengurusnya di kantor Camat. Disini sudah bisa mengurus seluruh dokumen adminduk seperti rekam dan cetak KTP-el, pengurusan Kartu Keluarga (KK) yang baru maupun perubahan, akta kelahiran, akta perkawinan, akta kematian serta surat pindah,"jelasnya.

Inilah perubahan pelayanan yang diberikan Pemerintah terhadap warganya. Pengurusan juga bisa dilakukan di Kantor Desa. Kerjasama dengan berbagai instansi yang menerbitkan dokumen adminduk seperti Puskesmas menerbitkan akta kelahiran anak dan Kartu Keluarga (KK) pasca ibu bersalin. Kantor Urusan Agama (KUA) menyerahkan Kartu Keluarga (KK) kepada pengantin baru dengan status kawin tercatat. Selain itu, pelayanan adminduk secara online juga tersedia melalui layanan perkebbas atau pelayanan administrasi kependudukan berbasis online.

Sementara itu di lokasi yang sama ditempat yang berbeda, Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si mengatakan hari ini Dinasnya melaksanakan pelayanan dokumen adminduk secara lengkap kepada seluruh warga tanah pinem yang hadir di Kantor Camat Tanah Pinem.

"Seluruh pelayanan dokumen adminduk yang diberikan hari ini akan diselesaikan saat ini dan hasilnya langsung diserahkan kepada warga apabila seluruh persyaratan yang diperlukan lengkap. Selain itu, aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) juga diberikan bagi warga yang telah memiliki KTP-el,"tutur Deddy.

Deddy berharap agar seluruh warga yang hadir dapat memanfaatkan layanan ini semaksimal mungkin agar dokumen kependudukan warga lengkap dan dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan seperti mendaftar sekolah, membuka rekening, BPJS, perbankan, perpajakan dan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bersama Ketua TP PKK Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu didamping Kadis Dukcapil Dairi menyerahkan beberapa dokumen adminduk yang telah selesai secara simbolis kepada warga. Akta nikah, Kartu Keluarga (KK) dan Akta lahir diserahkan kepada pasangan suami isteri Elia Tarigan dengan Elesy Nainggolan. Kartu Keluarga (KK) diserahkan kepada keluarga Petrus Kaban dan keluarga Mariana Sebayang. SKPWNI diserahkan kepada Deden Ikbal Trus Kaban.

Hasil pelayanan dilakukan dalam kegiatan Kunker Bupati Dairi di Kecamatan Tanah Pinem, 72 aktivasi IKD, 26 akta lahir, 10 akta perkawinan, 25 Kartu Keluarga (KK), 19 KTP-el, 4 KIA, 1 SKPWNI dan 3 orang rekam KTP-el.

Berita ini juga dapat dibaca di:
https://www.facebook.com/share/p/nGg7Ek77Y1nsZwU7/?mibextid=oFDknk?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB