Reses Anggota DPRD di Desa Sitinjo I, Dinas Dukcapil Dairi Hadirkan Pelayanan Adminduk Jempol Siturang

22 May 2024     226

Sitinjo I-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi melaksanakan pelayanan Jemput Bola Administrasi Kependudukan Siap Turun Langsung (jempol Siturang) di Desa Sitinjo I, bertempat di Kantor Desa Sitinjo I, Kecamatan Sitinjo, Senin (20/05).

Pelayanan Jempol Siturang tersebut dilaksanakan dalam rangkaian reses Aggota DPRD Kabupaten Dairi Depriwanto Sitohang, ST, MM di Daerah Pemilihannya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPRD Dairi Depriwanto Sitohang, ST, MM, Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si, Kadis Kominfo Dairi Anggara Sinurat, perwakilan Camat Sitinjo, Kades Sitinjo I Parulian Kudadiri, perwakilan Kadis PUTR dan Kadis PMD, Ketua BPD dan seluruh warga Desa Sitinjo I.

Dalam arahannya, Anggota DPRD Dairi Depriwanto Sitohang, ST, MM menuturkan kedatangannya adalah untuk menerima dan menampung seluruh aspirasi warga Desa Sitinjo I yang akan dibawa dan dibahas sebagai pokok-pokok pikiran Anggota DPRD.

"Pertemuan hari ini adalah kegiatan reses I Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Dairi dalam menampung aspirasi warga. Secara umum beberapa permohonan warga yang menjadi perhatian kami seperti perbaikan jalan desa didepan Kantor Desa, tersedia pupuk, pengembangan desa wisata dan sebagainya. Seluruh aspirasi yang diajukan akan diperjuangan semaksimal mungkin agar dapat ditampung dalam APBD dan direalisasikan", ungkap Depri.

Lebih lanjut Ia juga menyampaikan bahwa dalam rangkaian resesnya dilaksanakan pelayanan pengurusan Dokumen Adminduk bagi seluruh warga Sitinjo I yang langsung dilaksanakan Dinas Dukcapil Dairi. Seluruh keperluan dokumen adminduknya akan diselesaikan pada saat ini juga.

Sementara itu dari lokasi reses dan pelayanan Jempol Siturang, Kepala Dinas Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si mengatakan bahwa instansinya terus meningkatkan kualitas layanan dengan melaksanakan pelayanan jemput-jemput bola ke Desa-Desa untuk mendekatkan pelayanan urusan Dokumen Adminduk ditengah-tengah masyarakat.

"Berbagai inovasi dan terobosan terus dilakukan Dinas Dukcapil Dairi untuk meningkatkan pelayanan terhadap warga dengan melaksanakan pelayanan Jemput bola. Dalam pelayanan ini, seluruh pelayanan pengurusan adminduk diberikan seperti pelayanan rekam dan cetak KTP-el, akta kelahiran, akta perkawinan, akta kematian, surat pindah, Kartu Identitas Anak (KIA) dan Identitas Kependudukan Digital", jelasnya yang ditemui disela-sela pelayanan Dukcapil.

Ia juga berharap kepada warga yang hadir dapat memanfaatkan pelayanan ini untuk dapat melengkapi seluruh dokumen adminduk yang belum lengkap atau rusak dan hilang. Seluruh dokumen yang diajukan warga akan langsung diproses dan diserahkan kepada warga sebagai wujud menciptakan pelayanan prima.

Kadis juga menjelaskan bahwa selain pelayanan jemput bola, inovasi Dukcapil Dairi yang sangat berdampak bagi warga Desa atau Kelurahan se – Dairi adalah Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Online atau dikenal dengan Perkebbas.

"Hadirnya perkebbas, Pemerintah Desa dapat melayani warganya dalam memenuhi dokumen adminduk tanpa harus datang ke Dinas Dukcapil. Seluruh persyaratan yang diperlukan dapat diajukan melalui aplikasi, dinyatakan lengkap oleh petugas Dukcapil, permohonan tersebut akan diproses dan hasilnya akan dilampirkan dalam aplikasi untuk dapat di unduh perangkat Desa untuk diprint secara serta diserahkan kepada warga", tutur Deddy.

Inilah bukti kemudahan, kecepatan dan kepraktisan saat ini dalam pengurusan dokumen adminduk bagi seluruh warga di seluruh wilayah Kabupaten Dairi untuk membahagiakan seluruh masyarakat.

Sebelum acara ditutup, Anggota DPRD Dairi Depriwanto Sitohang, ST, MM didampingi Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si, Kadis Kominfo Anggara Sinurat, Kades Sitinjo I Parulian Kudadiri menyerahkan secara simbolis dokumen adminduk secara simbolis kepada warga sitinjo I.

Warga yang menerima dokumen adminduk secara simbolis, Henri Sigalingging dan Lorti Sihite menerima KTP-el, Ammayati Silaban menerima Kartu Keluarga (KK), Manaek Pinayungan, Rosmawati Penarik, Zainuddin Kudadiri, Nisah Maha menerima akta kelahiran dan keluarg Ernita Barus menerima akta kematian.

Hasil dari pelayanan jempol siturang di Desa Sitinjo I, cetak Kartu Keluarga 14 lembar, KTP-el 18 keping, Kartu Identitas Anak (KIA) 8 keping, Akta kelahiran 31 lembar, akta kematian 1 lembar, akta kematian 4 lembar, akta perceraian 1 lembar, SKPWNI Online 1 permohonan dan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) 4 orang.

berita ini dapat dibaca di ?:  https://www.facebook.com/disdukcapilkabdairi/posts/pfbid02wpTzm5uEcbQvdGyMK32Tk3yzJ7QGS3eiGxjQ2ub4pQ...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB