Dinas Dukcapil Dairi Serahkan Akta Nikah Pengantin Baru di HKBP Immanuel Kalang Simbara Sidikalang

19 Jun 2024     269

Kalang Simbara-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi menyerahkan akta pernikahan pengantin baru, Bintang Daniel Franbov Nainggolan dengan Surya Rotua Veronika Sianipar, yang melangsungkan pernikahan di HKBP Immanuel Kalang Simbara, Desa Kalang Simbara, Kecamatan Sidikalang, Jumat (14/06).

Kedua mempelai memperoleh akta pernikahan setelah memperoleh pemberkatan nikah dari Pendeta Wilson A. Siahaan, S. Th. Selain akta pernikahan, Dinas Dukcapil Dairi juga memberikan Kartu Keluarga (KK), KTP-el kepada kedua mempelai. Selanjutnya, diserahkan juga Kartu Keluarga (KK) kepada orangtua pengantin wanita.

Kepala Dinas Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si mengatakan pelayanan penyerahan dokumen adminduk di gereja-gereja merupakan bagian pelayanan jemput bola adminduk siap turun langsung atau dikenal dengan layanan jempol siturang.

"Pelayanan Dinas Dukcapil Dairi tidak hanya memberikan pelayanan di Kantor, akan tetapi memberikan pelayanan jemput bola dengan langsung menyerahkan dokumen adminduk kepada masyarakat seperti penyerahan adminduk di rumah-rumah ibadah. Ini adalah upaya Dinas Dukcapil DAIri dalam peningkatan mutu layanan kepada seluruh warga", tutur Kadis.
Lebih lanjut Ia menuturkan bahwa layanan ini diberikan kepada seluruh warga tanpa dikenakan biaya atau gratis. Bila berkeinginan memperoleh layanan ini dapat berkoordinasi dengan Petugas Dukcapil di Dinas Dukcapil atau di Kantor-Kantor Kecamatan Se – Dairi untuk melengkapi beberapa persyarakatan yang diperlukan.

"Bagi warga yang telah menikah, dapat juga mengurus akta pernikahannya di Dinas Dukcapil atau di 15 Kantor Camat dengan melengkapi persyaratan yang diperlukan. Selain akta nikah, Dinas Dukcapil juga akan menerbitkan beberapa dokumen lainnya seperti Kartu Keluarga (KK) dengan status kawin tercatat dan KTP-el suami isteri. Ini lah pengurusan dokumen yang terintegrasi atau paket all in one", sebutnya.

Terlihat pejabat Dukcapil Dairi Yohanna Pratedina Ketaren menyerahkan beberapa dokumen adminduk kepada kedua mempelai dan orangtua pengantin.


Berita ini dapat dibaca di:https://www.facebook.com/disdukcapilkabdairi/posts/pfbid021p7oh6uD29j5wx9qDj8MusHy5GCBGTjh7dTKcycs44...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



NILAI SKM



SP4N-LAPOR!