Jempol Siturang Masuk 10 Nominator Lomba Inovasi Daerah Tingkat Sumatera Utara

14 Jun 2024     189

Medan-Inovasi Jempol Siturang Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dairi masuk 10 Nominator dalam Lomba Inovasi Daerah Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024 yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara.

Hadir Penjabat Bupati Dairi Surung Charles Lamhot Bantjin, ST, MAP didampingi Kadis Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si, Kabid Riset dan Inovasi Daerah Bappeda Dairi Luber Sianturi, S.Si, Apt, MM, Kasubbag Keuangan Dukcapil Dairi Agus Rajagukguk, S.Kom memaparkan inovasi jempol siturang, bertempat di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara, Jl. P. Diponegoro No. 21 A Medan, Selasa (11/06).

Sedangkan Dewan Juri dalam perlombaan Inovasi Daerah, Prof. Dr. Ir. R. Sabrina, M.Si, Jonggi Tambunan, SE, M.Si dan Dr. Fotarisman Zaluchu, SJM, MPH

Penjabat Bupati Dairi Surung Charles Lamhot Bantjin, ST, MAP dalam paparannya menjelaskan bahwa latar belakang dihadirkannya inovasi jempol siturang adalah karena banyaknya pengaduan dan keluhan masyarakat, kurangnya keterbukaan dalam proses pelayanan, birokrasi terkesan kaku, diskriminasi dan capaian kepemilikian adminduk masih rendah serta geografis Dairi yang berbukit-bukit.

"Kami terus berupaya meningkatkan pelayanan dengan menghadirkan inovasi pelayanan Jemput Bola Adminduk Siap Turun Langsung atau dikenal dengan Jempol Siturang. Pelayanan ini sangat bermanfaat dan berdampak bagi masyarakat banyak seperti pelayanan semakin mudah, cepat dan tuntas, serta dekat dengan masyarakat, dokumen adminduk langsung diterima warga", tutur Pj. Bupati Dairi.

Ia juga menambahkan bahwa dampak inovasi ini adalah semakin efektif dan efisiennya pelayanan adminduk terhadap masyarakat. Mengurangi biaya-biaya yang membebani masyarakat seperti biaya transportasi, akomodasi dan biaya lainnya serta menghilangkan calo.

Pelayanan jempol siturang menyasar warga dengan kategori penyandang disabilitas, korban bencana alam, korban bencana sosial. Selain itu, diberikan juga pelayanan kepada pelajar-pelajar mulai tingkat PAUD, TK, SD, SMP dan SMA. Pelayanan penyerahan akta kawin di gereja-gereja, Pelayanan adminduk di Kantor Urusan Agama (KUA), tuntas adminduk di Desa-Desa/Kelurahan Se- Dairi, pelayanan di Pengadilan Negeri Sidikalang dan Pengadilan Agama Sidikalang.

Stakeholder yang terlibat dalam keberhasilan inovasi sebanyak 14 stakehoder seperti 15 Pemerintah Kecamatan, 161 Desa, 8 Kelurahan, Dinas Sosial Dairi, Dinas Kesehatan Dairi, Dinas Pendidikan Dairi, BPDB Dairi, RSUD Sidikalang, 18 Puskesmas se – Dairi, SMA/SMK Sederajat Se - Dairi, PAUD, TK, SD, SMP se Dairi, PN dan PA Sidikalang, Rumah Tahanan Sidikalang.

"Manfaat pelaksanaan dari jempol siturang ini adalah pelayanan lebih dekat dengan warga sehingga warga tidak perlu datang ke Dinas Dukcapil, percepatan penerbitan dokumen adminduk sehingga waktu warga lebih efisien, lebih efisien dan tuntas karena pemerintah langsung hadir dan hasilnya juga langsung diserahkan bahkan diantar ke tempat tinggal warga", tuturnya dengan penuh semangat dihadapan para dewan juri.

Sementara Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si yang ditemui di Kantor Bappelitbang Sumut mengatakan bahwa inovasi jempol siturang telah dilakukan sejak 2020 hingga sampai saat ini. Capaian dokumen yang dihasilkan, setiap tahunnya trennya meningkat.

"Hadirnya jempol siturang ditengah-tengah masyarakat meningkatkan mutu layanan dan capaian kepemilikan dokumen adminduk bagi seluruh warga di Kabupaten Dairi. Hal ini terbukti, tahun 2020 sebanyak 13.405 dokumen yang diterbitkan. Dilanjukan pada tahun 2021 sebanyak 17.120 dokumen, tahun 2022 sebanyak 19.137 dan tahun 2024 sebanyak 40.659 dokumen", ungkap Deddy.

Deddy juga menyampaikan bahwa capaian ini diperoleh melalui berbagai rangkaian kegiatan yang dilakukan Dinas Dukcapil Dairi dalam memberikan pelayanan Jemput Bola Adminduk seperti pelayanan di Desa-Desa, sosialisasi tuntas adminduk, rekam KTP-el bagi pemula di SMA/SMK se-Dairi, pelayanan terhadap penduduk rentan adminduk, pelayanan dirumah-rumha ibadah, pelayanan KIA dan Akta lahir di Sekolah-Sekolah, Pelayanan di RSUD Sidikalang dan Puskesmas se – Dairi, pelayanan di PN dan PA Sidikalang serta pelayanan di Kantor Urusan Agama.

Inovasi jempol siturang masuk 10 nominator dari 226 inovasi yang masuk dalam kategori perangkat Daerah Kabupaten/Kota Se Sumatera Utara.


Berita ini dapat dibaca di : https://www.facebook.com/share/p/q9XvVSaT6p92W6Eq/?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB