Kadis Dukcapil Dairi Terima Komisioner KPU Dairi Persiapan Tahapan Pilkada

14 Jun 2024     416

Sidikalang-Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si menerima kunjungan kerja Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dairi, berkoordinasi persiapan tahapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Dairi Tahun 2024, bertempat di ruang kerja Kadis Dukcapil Dairi, Jumat (07/06).

Komisioner KPU Dairi yang hadir Ariyanto Tinendung, Asig Firmansyah, Gabe Sinaga dan Ridwan Samosir serta didampingi staf KPU Siti Berutu.
Dalam sambutannya, Ketua KPU Dairi Ariyanto Tinendung mengatakan kedatangannya berkunjung ke Dinas Dukcapil Dairi terkait implementansi Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakilkota Tahun 2024, sehingga pelaksanaan pemilihannya berjalan dengan lancar.

"Beberapa waktu yang lalu, kami telah melakukan koordinasi dengan beberapa instansi tekait persiapan Pilkada Tahun 2024 dan hari ini ke Dinas Dukcapil Dairi. Kami sangat berharap kembali kerjasama Dinas Dukcapil Dairi merekam dan menerbitkan KTP-el seluruh warga yang telah berusia 17 tahun. Selain itu, mohon bantuan untuk verifikasi data kependudukan apabila memiliki kendala dilapangan dalam kegiatan verifikasi factual", jelas Ariyanto.

Sementara itu, Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si mengatakan siap mendukung perhelatan pemilihan Kepala Daerah baik tingkat Provinsi Sumatera Utara, Gubernur dan Wakil Gubernur dan Bupati dan Wakil Bupati Dairi Tahun 2024.

"Pada Pemilihan Umum 14 Februari 2024 yang lalu, kami sangat serius mendukung pelaksanaan pemilihan Presiden/Wakil Presiden dan para wakil-wakil rakyat yang duduk ditingkat Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota", ujar Kadis.

Deddy juga menyampaikan upaya yang dilakukan dalam mendukung rangkain persiapan pemilihan Kepala Daerah seperti melaksanakan kegiatan pelayanan jemput bola perekaman dan pencetakan KTP-el ke sekolah-sekolah SMA/SMK se-derajat di seluruh Kabupaten Dairi. Kegiatan tersebut dilakukan 2 kali dalam setahun. Selain itu juga, 12 Kantor Kecamatan dari 15 kecamatan dapat melayani perekaman KTP-el, 8 Kecamatan dapat juga mencetak KTP-el.

"Kami juga memberikan pelayanan jemput bola adminduk siap turun langsung atau dikenal dengan jempol siturang terhadap kelompok rentan yang belum memiliki KTP-el langsung kerumah-rumah warga. Pelayanan ini dapat diperoleh dengan berkoordinasi terlebih dahulu dengan petugas di Dinas Dukcapil atau di petugas di 15 kecamatan. Selain itu dapat juga melalui aplikasi htttps://jempolsiturang.dairikab.go.di dan melalui Call Center Dukcapil Dairi 081 2323 8 3434 dan 081 2323 8 8383", imbuhnya.

Pelayanan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan akan dokumen adminduk khususnya kepemilikan KTP-el sebagai salah satu syarat untuk dapat memberikan suara pada pemilihan kepala daerah yang akan dilaksanakan pada Tahun 2024.


Berita ini dapat dibaca di : https://www.facebook.com/share/p/YGAGJjJ6VDA7AXmb/?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB