Tujuh Penduduk Simanduma Kategori Kelompok Rentan Peroleh Layanan Jempol Siturang Rekam KTP-el

13 Jun 2024     120

Simanduma-Sebanyak 7 orang warga Desa Simanduma yang masuk kategori penduduk rentan adminduk memperoleh layanan rekam KTP-el dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi yang kegiatannya dipusatkan di Kantor Desa Simanduma, Kecamatan Pegagan Hilir, Jumat (07/06).

Kepala Dinas Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk (Dafduk) Karma Melodi Capah, ST, MM menyampaikan bahwa pelayanan jemput bola adminduk siap turun langsung atau dikenal dengan pelayanan jempol siturang dilaksanakan untuk memberikan pelayanan prima bagi seluruh warga dalam memenuhi kebutuhan akan dokumen adminduk.

"Identitas diri setiap orang berupa kepemilikan KTP-el dan Kartu Keluarga (KK) menjadi kewajiban bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) apalagi terhadap warga yang memerlukan untuk keperluan mendapat layanan kesehatan, BPJS, bantuan sosial, membuka tabungan dan lainnya, terutama bagi warga yang masuk dalam kategori penduduk rentan. Oleh karena itu, kami langsung turun ke Desa Simanduma ini", tuturnya.

Pelayanan ini kami laksanakan karena adanya permintaan dari warga yang berkebutuhan khusus untuk mendapat KTP-el. Dengan layanan ini, seluruh warga tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan dokumen adminduk seperti KTP-el dan KK.
Capah juga menjelasakan bahwa layanan ini diberikan secara gratis. Dinas Dukcapil Dairi akan turun langsung dengan terlebih dahulu mengajukan permohonan ke Dinas Dukcapil Dairi atau ke 15 Kecamatan se – Dairi. Secara online juga dapat mengajukan permohonanan dengan membuka website https://jempolsiturang.dairikab.go.id.

"Pelayanan dukcapil di Kabupaten Dairi telah ada didalam gengaman tangan. Pelayanan semakin mudah, cepat, dekat dengan masyarakat dan praktis. Silakan mempergunakan berbagai layanan yang kami sediakan baik pelayanan secara daring (online) maupun tatap muka (offline)", ungkap Karma dengan senyum sambil melayani warga.

Terlihat juga dalam pelayanan tersebut Kabid PIAK Indra Simanjuntak, S.Kom, Staf Dukcapi Dairi Morleon Steve Tambunan didampingi Kepala Desa Simanduma Julfi Banjarnahor.


berita ini dapat dibaca di : https://www.facebook.com/disdukcapilkabdairi/posts/pfbid0Yw96g8wbq9di7ENcKmn2i5VopKMdNwGiEnyDx26uNMT...??




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB