Berikan Pelayanan Prima Terhadap Pegawai, Dinas Dukcapil Dairi Hadirkan Jempol Siturang di Dinas PUTR Dairi dan Dinas Perhubungan Dairi

12 Jul 2024     91

Sidikalang-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi terus meningkatkan kualitas layanan melalui kegiatan pelayanan Jempol Siturang pengurusan dokumen adminduk bagi seluruh pegawai di seluruh instansi Pemerintah Kabupaten Dairi.

Dalam keterangannya, Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si mengatakan pelayanan Jemput Bola Adminduk Siap Turun Langsung (Jempol Siturang) merupakan salah satu inovasi pelayanan yang diciptakan untuk melayani masyarakat langsung dilokasi warga dimana berada.

"Inovasi Jempol Siturang dihadirkan untuk melayani masyarakat ditempat tinggalnya atau diinstansi, tempat berkumpulnya banyak masyarakat, seperti saat ini pelayanan adminduk terhadap Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Dairi dan Dinas Perhubungan Dairi", jelasnya.

Lebih lanjut, Deddy menyampaikan bahwa berbagai layanan diberikan dalam pelayanan jempol siturang di instansi Pemkab Dairi, seperti aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), registrasi akta pernikahan/Buku NIkah dan akta kelahiran, penerbitan akta perkawinan dan akta kelahiran dan penerbitan Kartu Keluarga (KK) dengan status pernikahan, kawin tercatat.

"Untuk tetap menjaga kualitas layanan, sekaligus mengejar target capaian kepemilikan dokumen adminduk bagi warga, pelayanan jemput-jemput bola ini sangat efektif dilakukan. Selain itu, seluruh warga juga merasa tidak perlu repot atau keluar biaya transport untuk datang mengurus dokumen adminduk di Dinas Dukcapil, Kantor Camat atau di Kantor Desa. Inilah wujud, mendekatkan pelayanan pemerintah di tengah-tengah masyarakat", imbuhnya.

Hasil yang diperoleh atas pelayanan di Dinas PUTR Dairi, 36 orang aktivasi IKD, 25 perubahan Kartu Keluarga (KK), 52 registrasi akta lahir, 12 registrasi akta kawin, 19 Bakak Akta lahir dan 2 Bakak akta kawin.

Sedangkan layanan kedua di Dinas Perhubungan Dairi, 12 orang aktivasi IKD, 7 perubahan Kartu Keluarga (KK), 4 registrasi akta perkawinan, 1 Bakak akta kawin, dan 1 Bakak akta lahir.

Berita ini juga dapat dibaca di https://www.facebook.com/share/p/sbQqJF2CfBTNSCNu/ ?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB