Dinas Dukcapil Dairi Bagikan Akta Nikah Pengantin Baru di HKBP I Sidikalang

26 Jul 2024     105

Sidikalang – Sebagai wujud komitmen yang serius Pemerintah Kabupaten Dairi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi menyerahkan akta pernikahan kepada penganti baru, Baringin Batara Dodi Asido Sipahutar degan Yuliannisa Br. Panjaitan. Kedua mempelai melangsungkan pernikahan di Gereja HKBP I Sidikalang, Jumat (26/07).

Pemuka agama yang bertugas memberkati kedua mempelai adalah Pendeta Leo Dunan Sibarani, M.Th. Dokumen yang diserahkan kepada kedua mempelai selain akta nikah, diserahkan juga Kartu Keluarga (KK) dengan status kawin tercatat.

"Salah satu inovasi pelayanan jempol siturang yang diciptakan Dinas Dukcapil Dairi adalah kegiatan penyerahan akta pernikahan ketika berlangsung pernikahan di Gereja, sehinga kedua mempelai yang berbahagia tercatatkan pernikahannya", ujar Kadis Dukcapil Dairi yang ditemui diruang kerjanya.

Ia juga menuturkan bahwa pelayanan yang diberikan instansinya dilaksanakan secara Cuma-Cuma atau gratis. Setiap warga yang akan melangsungkan pernikahan dapat terlebih dahulu melengkapi seluruh berkas yang diperlukan tiga hari sebelum hari pernikahan kepada petugas Dinas Dukcapil Dairi.

"Pelayanan Dukcapil saat tidak hanya menunggu warga datang untuk mengurus dokumennya, akan tetapi dilaksanakan pelayanan Jemput Bola atau pemerintah langsung memberikan pelayanan kepada warga dengan beberapa pelayanan seperti penyerahan akta pernikahan di gereja, pelayanan rekam KTP-el bagi kelompok rentan, rekam KTP-el disekolah-sekolah, pelayanan tuntas adminduk di Desa-Desa dan pelayanan lainnya", jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, terlihat Kadis Dukcapil Dairi 2014 – 2019 Rewin Silaban, S.Sos, MM bersama Pejabat Fungsional Dukcapil Yohanna Pratedina Ketaren, SE menyerahkan dokumen adminduk kepada kedua mempelai dihadapan kedua orangtua, jemaat gereja dan Undangan yang hadir di Gereja HKBP I Sidikalang.


Berita ini juga dapat dibaca di:https://www.facebook.com/share/p/fcoVHEZVUn6WNUBR/

?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB