Dinas Dukcapil Dairi Jalin Kerjasama Dengan RSU Serenapita, Pasca Ibu Bersalin Bawa Pulang Adminduk

19 Jun 2024     116

Sidikalang-Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi menandatangani kerjasama dengan Rumah Sakit Umum (RSU) Serenapita dalam percepatan penerbitan dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) Pasca Ibu Bersalin.

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan dalam rangkaian pelaksanaan Survey Akreditasi Rumah Sakit Umum Serenapita yang dilakukan Lembaga Akreditasi Mutu dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit, Kamis (13/06).

Hadir dalam acara tersebut Penjabat Bupati Dairi Surung Charles Lamhot Bantjin, ST, MAP, Penjabat Sekda Dairi Jonny Hutasoit, S.Sos, MM, Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si, Kadis Kesehatan Dairi Dr. dr. Henry Manik, Kadis Lingkungan Hidup Dairi Saut Maruli Tua Sinaga, Direktur RSU Serenapita dr. Hizkia Romana, Sebastianus Tinambunan dan Tim Akreditasi RSU.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Dairi Surung Charles Lamhot Bantjin, ST, MAP mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Dairi terus berupaya meningkatkan pelayanannya melalui berbagai kerjasama dengan berbagai stakeholder termasuk Rumah Sakit Umum Serenapita. Pemerintah harus berperan aktif dalam mewujudkan layanan tersebut.

"Tadi telah kita saksikan penandatangan kerjasama Dinas Dukcapil Dairi dengan RSU Serenapita dalam percepatan kepemilikan dokumen adminduk pasca ibu bersalin. Kemudahan dan kecepatan pelayanan urusan dokumen adminduk kepada seluruh masyarakat harus terus diwujudkan. Melalui kerjasama ini, seluruh warga yang akan bersalin akan membawa pulang beberapa dokumen seperti akta lahir anak, Kartu Identitas Anak (KIA) dan Kartu Keluarga (KK)", kata Bupati dihadapan tim akreditasi, seluruh dokter dan civitas RSU Serenapita.
Charles juga menambahkan bahwa pelayanan urusan dokumen adminduk sudah sangat dengan masyarakat melalui hadirnya pelayanan di 15 kecamatan, 161 desa dan 8 kelurahan serta tersedianya pelayanan adminduk online yang dikenal dengan layanan perkebbas.

"Perkebbas adalah akronim dari Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Online yang memberikan dampak yang luas bagi seluruh Warga Dairi dalam urusan dokumen adminduk. Perkebbas telah meraih prestasi juara III pada lomba inovasi daerah tingkat Provinsi Sumut Tahun 2022. Pelayanan ini juga akan dipergunakan di Rumah sakit ini sebagai media untuk mengajukan permohonan dan hasilnya dapat langsung diserahkan kepada keluarga yang bersalin sebelum meninggalkan Rumah Sakit Serenapita", urainya.

Berita ini juga dapat dibaca di: https://www.facebook.com/share/p/fxre15hSwUGoBBEZ/ ?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



SP4N-LAPOR!



SIPPN KemenPANRB