Pasca Kerjasama Dinas Dukcapil Dairi Dengan RS Serenapita, Petugas RS Serenapita Belajar Gunakan Perkebbas

05 Jul 2024     169

Sidikalang-Pasca Kerjasama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dengan Rumah Sakit (RS) Serenapita terkait percepatan penerbitan dokumen adminduk pasca ibu bersalin, Petugas Operator RS belajar mempergunakan layanan perkebbas, bertempat di ruang kerja Kadis Dukcapil Dairi, Jumat (05/07).

Petugas RS Serenapita yang hadir mengikuti pelatihan singkat penggunaan aplikasi perkebbas, VK Kamar Bersalin Romianna Situmiorang, Admin Umum Rolina Pasaribu, VK Kamar bersalin Septi Damanik dan Rekam Medik Oshin Nababan.

Sebelum dilakukan pelatihan, dalam sambutannya, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran petugas operator yang akan belajar mempergunakan layanan perkebbas, sebagai sarana mengajukan permohonan dalam pengurusan dokumen adminduk khusunya bagi warga yang bersalin di RS Serenapita.

"Sebagai tindaklanjut kerjasama kita yang telah ditandatangani 13 Juni 2024 yang lalu, kami mengapresiasi keseriusan RS Serenapita dalam memberikan pelayanan prima terhadap warga. Kerjasama ini akan memberikan nilai tambah bagi RS Serenapita terhadap pasien yang dilayani terkhusus bagi warga bersalin. Warga tidak lagi direpotkan untuk mengurus akta lahir anak, memasukan identitas anak ke Kartu Keluarga dan memperoleh Kartu Identitas Anak (KIA)", ujarnya dengan penuh semangat dihadapan para petugas medis RS Serenapita.

Perkebbas adalah Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Online yang telah dibangun sebagai sarana untuk mengajukan permohonan adminduk dengan memanfaatkan Tekonologi Informasi. Hal ini tentunya dilakukan untuk mempermudah, mempercepat, transparan dan akuntabel. Setiap layanan yang diajukan akan diterbitkan terbitkan tiket layanan sebagai wujud transparan dan akuntabel pelayanan.

"Layanan perkebbas ini sudah dipergunakan banyak instansi di Kabupaten Dairi termasuk RSUD Sidikalang dan 18 Puskesmas untuk penerbitan dokumen adminduk pasca ibu bersalin. Layanan ini juga dapat membantu meringankan keluarga untuk dapat tercover BPJS atau rujukan ke rumah sakit lain", jelas Deddy.

Deddy berharap kepada pihak RS Serenapita, penyerahan dokumen adminduk berupa akta kelahiran anak, Kartu Keluarga (KK) dan KIA diserahkan sebelum keluarga tersebut kembali kekediamannya agar pelayanan yang dilakukan dapat langsung dirasakan selurh masyarakat.

Sementara itu melalui sambungan Whatsapp, Direktur RS Serenapita dr. Heskia mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang telah dilakukan sehingga pelayanan terpadu antara RS Serenapita dengan Dinas Dukcapil Dairi dalam pemenuhan dokumen adminduk bagi warga usai bersallin.

"Kami berkomitmen menjalankan kerjasama pelayanan ini dapat berjalan dengan konsisten untuk mendukung pelayanan prima khususnya terhadap warga yang bersalin di RS Serenapita. Kami sangat mengapresiasi pelayanan pemerintah yang cepat dan mudah bagi seluruh warga", ungkapnya.

Terlihat juga petugas Admin Perkebbas Martini Sitohang, S.Sos memberikan pelatihan singkat kepada petugas RS Serenapita di ruang PIAK Dukcapil Dairi.


Berita ini dapat dibaca di:https://www.facebook.com/disdukcapilkabdairi/posts/pfbid04ypVB9hQbz4jWdBpxX78qokf87ijmX1nX2VWwf1TiQp...?




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



NILAI SKM



SP4N-LAPOR!