Kadis Dukcapil Dairi Terima Kunjungan Studi Tiru Dinas Dukcapil Langkat

14 Oct 2024     104

Sidikalang-Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si menerima Kunjungan Studi Tiru dari Dinas Dukcapil Kabupaten Langkat yang dipimpin Sekretaris Dinas (Sekdis) Dukcapil Langkat, Sri Yunita Sitepu bersama 10 orang Staf, bertempat di Dinas Dukcapil Dairi, Jl. Pandu Kelurahan Bintang Hulu, Sidikalang, Kamis (11/10).

Dalam paparannya, Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si mengatakan bahwa Dinas Dukcapil Dairi dalam kurun waktu 4 tahun terakhir terus bertransformasi untuk dapat wujudkan pelayanan prima yang membahagiakan masyarakat.

"Untuk dapat memaksimalkan kualitas layanan, sistem layanan kami perbaiki, yang dulunya manual, sekarang seluruh sudah digitalisasi. Kami bisa memantau seluruh permohonan yang masuk dan waktu layanan yang diberikan petugas kepada warga. Setelah dokumen selesai diproses dan diterima warga, warga diminta untuk mengisi Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) untuk mengukur kepuasan warga atas layanan yang diberikan petugas Dukcapil", jelasnya dengan penuh semangat dihadapan Sekdis Langkat bersama rombongan.

Lebih lanjut Deddy mengungkapkan loket layanan didesign sederhana untuk memudahkan masyarakat dalam menerima layanan. Loket yang tersedia hanya 7 jenis loket, loket layanan umum, loket informasi dan layanan pengaduan (Customer Service), loket rekam KTP-el, loket cetak KTP-el, loket SKPWNI Online, Loket IKD dan Loket Kadis. Seluruh pelayanan seluruhnya berada didepan.

"Kami menyediakan layanan adminduk secara online yang dikenal dengan Perkebbas. Perkebbas telah berjalan sejak 1 oktober 2020 yang telah berhasil meraih juara III Dalam Lomba Inovasi Daerah Tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2022 karena telah memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan dampak yan positif", tutur Deddy lagi.

Perkebbas telah dipergunakan di 15 Kecamatan, 161 Desa, 8 Kelurahan, RSUD Sidikalang, RSU Serenapita, 18 Puskesmas, 12 Kantor Urusan Agama (KUA), Pengadilan Negeri Sidikalang dan Pengadilan Agama Sidikalang, Pelayanan Adminduk secara daring ini diciptakan untuk mempermudah, mempercepat, mendekatkan layanan dan transparan dan akuntabel pelayanannya.

Selain perkebbas, inovasi Jemput Bola Adminduk Siap Turun Langsung atau sebut dengan Jempol Siturang, juga telah meraih prestasi Juara III dalam Lomba Inovasi Daerah Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024. Layanan Jempol Siturang dikembangkan untuk melayani warga dengan kategori penyandang disabilitas, pasin di RSU dan Puskesmas, pelayanan KIA, KTP-el di Sekolah-sekolah, pelayanan bagi warga korban bencana sosial, bencana alam/non alam, pelayanan tuntas adminduk di Desa-Desa/Kelurahan, penyerahan akta perkawinan di Gereja-gereja dan layanan lainnya.

"Untuk mempermudah pelayanan terhadap masyarakat, kami juga menyediakan layanan call center dukcapil yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menanyakan berbagai permasalahan terkait Dokumen Adminduk sehingga tidak perlu lagi warga repot datang ke Dinas Dukcapil", terang Deddy.

Sementara itu, Sekdis Dukcapil Langkat,Sri Yunita Sitepu mengaku takjub dan kagum bentuk dan kondisi kantor, ruang layanan dan ruang-ruang para pejabat, staf Dinas Dukcapil Dairi yang tertata dengan baik sehingga memudahkan warga yang datang untuk mengurus secara urusan dokumen Adminduk.

"Kedatangan kami kesini atas rekomendasi Ombudsman dan Kemenpanrb untuk melihat secara langsung bagaimana pelayanan prima yang dilaksanakan Dinas Dukcapil Dairi. Ternyata setelah tiba di Kantor ini , rekomendasi tersebut benar-benar kami rasakan sehingga kami kagum atas berbagai pelayanan dan inovasi yang dikembangkan Dinas Dukcapil Dairi dalam membahagiakan masyarakatnya", tutur Sri Yunita dengan penuh semangat.

Ia juga menyampaikan bahwa kunjungan studi tiru ini memberikan pengalaman baginya bersama rombongan untuk melakukan pembenahan dan perbaikan layanan untuk dapat lebih memaksimalkan lagi. Banyak sekali hal-hal yang belum kami lakukan sehingga belum dapat mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si bersama Sekdis Dukcapil Langkat dengan rombongannya berkeliling di ruang layanan dan seluruh ruangan di Dinas Dukcapil Dairi untuk melihat secara langsung proses pelayanan offline dan online serta fasilitas lainnya.

Terlihat mendampingi Kadis Dukcapil Dairi menerima kunjungan Studi Tiru Dinas Dukcapil Langkat, Sekdis Dukcapil Dairi Rayambong Sitohang, ST, MAP, Kabid PIAK Indra Simanjuntak, S.Kom, Kabid Dafduk Karma Melody Capah, Kabid Capil Hendra Purba, SH, Kasubbag Keuangan Agus Rajagukguk, S.Kom.

Berita ini juga dapat dibaca di:https://web.facebook.com/share/p/mPDsfbiDp64vaiGZ/




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



NILAI SKM



SP4N-LAPOR!