Kunjungan Studi Tiru, Dinas Dukcapil Langkat Tinjau Kantor Camat Sidikalang, Desa Hutarakyat dan RSUD Sidikalang

16 Oct 2024     125

Sidikalang-Hari kedua Kunjungan Studi Tiru Dinas Dukcapil Kabupaten Langkat, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si bersama Sekretaris Dinas (Sekdis) Dukcapil Langkat, Sri Yunita Sitepu dan 10 orang Staf Dukcapil Langkat meninjau pelayanan urusan dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Kantor Camat Sidikalang, Desa Huta Rakyat dan RSUD Sidikalang, Jumat (12/10).

"Hari ini kami bersama rombongan Dinas Dukcapil Langkat melakukan peninjauan layanan Dokumen Adminduk di tiga lokasi, Kantor Camat Sidikalang, Desa Huta Rakyat dan RSUD Sidikalang", jelas Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situorang, SE, M.Si dalam keterangannya.

Pelayanan Adminduk di kantor Camat Sidikalang sangat lengkap mulai dari pelayanan rekam dan cetak KTP-el, pengurusan KIA, Kartu Kelurga (KK), SKPWNI, akta kelahiran, akta nikah, akta kematian dan akta perceraian. Pelayanan seperti ini juga dapat dilakukan di 14 kantor camat lainnya. Berbagai fasilitas disediakan untuk mendukung pelayanan seperti pegawai 1 – 2 orang, aplikasi perkebbas dan SIAK, jaringan internet 20 Mbps berbasis FO, komputer, printer KTP-el dan kertas, alat rekam biometrik.

"Untuk mendekatkan pelayanan di tengah-tengah masyarakat, Dinas Dukcapil Dairi juga telah menjalin kerja dengan 161 Desa dan 8 Kelurahan dalam penerbitan dokumen admdinduk bagi warga. Kerjasama ini diwujudkan dengan memanfaatkan penggunaan aplikasi perkebbas. Melalui perkebbas, Kantor Desa dapat mengajukan permohonan berbagai adminduk warganya dan hasilnya dapat langsung di cetak secara mandiri di Kantor Desa dan diserahkan kepada warga", ungkap Deddy.

Selanjutnya, kami juga melakukan kerjasama dengan RSUD Sidikalang berupa layanan paca ibu bersalin bawa pulang dokumen adminduk, akta lahir, Kartu Identitas Anak (KIA) dan Kartu Keluarga (KK). Inilah kecepatan dan kemudahan pelayanan bagi seluruh warga yang bersalin di RSUD Sidikalang. Warga tidak perlu lagi direpotkan mengurus akta lahir anak, KIA dan menambahkan anggota baru dalam Kartu Keluarga (KK). Dokumen adminduk akan diserahkan sebelum meninggalkan RSUD Sidikalang.

Sekdis Dukcapil Langkat, Sri Yunita Sitepu mengaku kagum dengan pelayanan Dukcapil yang telah berjalan sistematis sehingga benar-benar membantu dan mendekatkan layanan dengan warga. Selain itu pelayanan Adminduk juga tidak lagi terpusat di Dinas Dukcapil, benar-benar konsep upaya untuk membahagiakan seluruh masyarakat.

"Kami sangat terinspirasi pengembangan layanan yang di Kantor Camat, Desa dan di Rumah Sakit yang sangat membantu warga. Warga tidak perlu lagi ke Dinas Dukcapil, sudah tersedia di Kantor Camat dan di Desa. Bagi warga yang bersalin di Rumah Sakit, akan bawa pulang Adminduk. Pelayanan yang keren dan membahagiakan masyarakatnya", katanya dengan senyum sambil melihat pelayanan di tiga lokasi tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Sidikalang Abdimar Tamba, Camat Sumbul Jaspin Sihombing, S.Pd, M. Pd, Kepala Desa Huta Rakyat Garang Sihombing, Sekretaris Desa Edwin Manalu, Petugas Medis RSUD Sidikalang Ririn Situngkir, S.Kom menerima kunjungan Studi Tiru Dinas Dukcapil Langkat di Kantor Camat Sidikalang, Desa Huta Rakyat dan RSUD Sidikalang.

Berita ini juga dapat dibaca di:https://www.facebook.com/share/p/TJnowQhnJC7jajog/




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



NILAI SKM



SP4N-LAPOR!