Pelayanan Jempol Siturang Rekam KTP-el Pemula Hadir Di SMKN 1 Sitinjo

18 Oct 2024     82

Sitinjo-Pelayanan Jempol Siturang Rekam KTP-el Pemula dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi hadir di SMK Negeri 1 Sitinjo sebagai bagian dari upaya mendekatkan layanan perekaman KTP elektronik (KTP-el) bagi pelajar. Program ini dirancang untuk memudahkan siswa yang baru memenuhi syarat pembuatan KTP-el, yaitu mereka yang berusia 17 tahun atau lebih, untuk melakukan perekaman data secara langsung di sekolah.

Demikian keterangan Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk (Dafduk) Karma Melodi Capah, ST, MM yang ditemui waktunya di sela-sela pelayanan yang dilakukan di sekolah SMK Negeri 1 Sitinjo, Kamis (17/10).

Karma juga mengatakan bahwa pelayanan Jempol Siturang tuntaskan KTP-el pemula di Sekolah-Sekolah SMA/SMK sederajat di Kabupaten Dairi adalah program unggulan dari Dinas Dukcapil Dairi yang bertujuan untuk mempermudah layanan rekam KTP-el bagi pemula, khususnya para pelajar. Program ini dilakuka di SMKN 1 Sitinjo untuk mendapatkan KTP-el tanpa perlu pergi ke kantor Disdukcapil.

Langkah ini sangat membantu para pelajar, karena dengan program ini, mereka tidak perlu mengambil waktu dari kegiatan sekolah untuk mengurus dokumen penting seperti KTP. Selain itu, program ini juga mendukung kemudahan akses terhadap layanan publik dan mendorong peningkatan kepemilikan identitas resmi bagi para pemula.

Keberadaan Jempol Siturang di sekolah seperti SMKN 1 Sitinjo ini merupakan contoh inisiatif pelayanan publik yang mendekatkan layanan langsung ke masyarakat, dalam hal ini pelajar, untuk memastikan semua warga yang berhak memiliki KTP-el dapat segera mendapatkannya dengan mudah.

Dalam kesempatan tersebut, 67 pelajar berhasil diambil data biometriknya, 15 pelajar yang berusia 17 tahun dan 52 peserta didik yang berusia 16 tahun. Pelayanan yang dilakukan bagi pelajar yang berusia 16 tahun adalah upaya percepatan kepemilikan KTP-el. KTP-el diserahkan kepada pelajar ketika usianya genap 17 tahun.

Selanjutnya, dilaksanakan juga pelayanan KIA bagi 13 pelajar dan aktivasi Identitas Kependudukan Digital terhadap 4 Tenaga Guru dan Tenaga Administrasi Sekolah.


Berita ini juga dapat dibaca di:https://www.facebook.com/share/p/rS8N65jqs3DSTjGy/




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



NILAI SKM



SP4N-LAPOR!