Peserta Didik PAUD Kasih Sayang Desa Gundaling dan PAUD Smart Kids Desa Gunung Sitember Peroleh Layanan Jempol Siturang KIA

17 Oct 2024     90

Gunung Sitember-4 Peserta didik PAUD Kasih Sayang Desa Gundaling dan 5 Peserta Didik PAUD Smart Kids Desa Gunung Sitember memperoleh layanan Jempol Siturang KIA langsung di kedua Sekolah PAUD yang berada di Kecamatan Gunung Sitember, Kamis (17/10).

Dalam keterangan, Pegawai Dinas Dukcapil Dairi yang bertugas di Kecamatan Gunung Sitember, Rupida Sinaga mengatakan bahwa pelayanan yang dilakukannya adalah program layanan administrasi kependudukan yang mendukung kebutuhan dokumen Administrasi Kependudukan berupa Kartu Identitas Anak (KIA) bagi anak-anak sejak dini. Program Jempol Siturang KIA merupakan inovasi dari Disdukcapil Kabupaten Dairi yang berfokus pada pelayanan jemput bola untuk memudahkan pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA) langsung di tempat-tempat seperti sekolah-sekolah dan PAUD.

"Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar setiap anak memperoleh KIA, yang menjadi salah satu dokumen penting sebagai tanda pengenal resmi bagi anak-anak di bawah usia 17 tahun. KIA memberikan berbagai manfaat, termasuk kemudahan dalam mengakses layanan publik seperti kesehatan, pendidikan, serta berbagai fasilitas lainnya yang membutuhkan identitas resmi", jelas Rupida.

Hadirnya program layanan jemput bola tuntas KIA dilakukan untuk memastikan para anak-anak dari wilayah pedesaan seperti Desa Gundaling dan Desa Gunung Sitember tidak tertinggal dalam hal kepemilikan dokumen kependudukan. Dengan adanya layanan ini, orang tua dan guru tidak perlu lagi mendatangi kantor Disdukcapil untuk mengurus KIA, karena petugas Dukcapil datang langsung ke lokasi untuk melayani.

Inisiatif pelayanan ini sangat membantu masyarakat di daerah yang memiliki keterbatasan akses terhadap kantor layanan administrasi, serta mendukung program pemerintah dalam memberikan pelayanan yang cepat, mudah, dan inklusif bagi semua lapisan masyarakat.

Dalam pelayanan tersebut, terlihat Tutor PAUD Kasih Sayang Desa Gundaling, Ayu Septi Simbolon mendampingi pelayanan Jempol Siturang tersebut. Sedangkan di PAUD Smart Kids Desa Gunung Sitember didampingi Tutor PAUD Devita Kaban.


Berita ini juga dapat dibaca di:https://www.facebook.com/share/p/xp2sVAzFSLGAqqE4/




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



NILAI SKM



SP4N-LAPOR!