Tingkatkan Kualitas Layanan Adminduk, Desa Pangaribuan Belajar Perkebbas

02 Oct 2024     152

Sidikalang-Untuk meningkatkan kualitas pelayanan dalam urusan dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) bagi seluruh warga Desa Pangaribuan, Kecamatan Siempat Nempu Hulu, Pemerintah Desa Pangaribuan belajar mempergunakan layanan Perkebbas.

"Komitmen kami dalam memberikan pelayanan yang mudah dan cepat bagi warga dalam urusan dokumen Adminduk terus kami lakukan dengan menghadirkan pelayanan dokumen adminduk di Kantor Desa", jelas Kepala Desa (Kades) Pangaribuan, Wasdrin Lumbangaol melalui aplikasi whatsapp.

Kades Pangaribuan juga menuturkan bahwa setiap hari permintaan masyarakat akan dokumen adminduk terus meningkat, sehingga pelayanan yang konvensional seperti mengantar langsung dokumen adminduk ke Dinas Dukcapil Dairi menjadi permasalahan karena terkait jarak, waktu dan keterbatasan personil. Oleh karena itu diperlukan penerapan aplikasi perkebbas dalam mempercepat pelayanan urusan dokumen adminduk.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si mengapresiasi komitmen Kepala Desa Pangaribuan dan jajarannya membantu warganya memenuhi dokumen adminduk.

"Dokumen adminduk merupakan salah satu dokumen yang penting dimiliki seluruh masyarakat sehingga harus dilengkapi. Hadirnya inovasi perkebbas dapat membantu masyarakat termasuk instansi pemerintah seperti Pemerintah Desa Pangaribuan dalam memenuhi dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk)", jelas Kadis.

Perkebbas adalah Pelayanan Administasi Kependudukan Berbasis Online, yang dibangun dan dikembangkan untuk membantu dan mempercepat pelayanan urusan dokumen adminduk bagi seluruh warga Dairi. Hadirnya pelayanan ini, warga tidak perlu lagi datang ke Dinas Dukcapil Dairi, cukup mengajukan permohonan melalui aplikasi, hasilnya dapat dicetak mandiri.

Tampak dalam pelatihan perkebbas diberikan Administrator Perkebass Martini Sitohang, S.Sos kepada perangkat Desa Pangaribuan, Kasi Pemerintahan Tika Hermawan Sihombing dan Kasi Kesra Lorin Sitinjak di ruang Bidang PIAK Dinas Dukcapil Dairi.

Berita ini juga dapat dibaca di:https://www.facebook.com/share/p/emChcTtBFYvkLuLo/




PEMIMPIN DAERAH



AGENDA


CALL CENTER



BULETIN



PERSYARATAN ADMINDUK


PEGAWAI TERBAIK

Index Kepuasan Masyarakat


SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT



NILAI SKM



SP4N-LAPOR!